Total Tayangan Halaman

Rabu, 20 Juli 2011

Pengeditan Standard Foto

Hari yang indah!
dalam artikel ini kita akan membahas tentang bagaimana cara pengeditan standar sebuah foto (digital). Setelah foto selesai kita eksekusi sebaiknya kita teliti kembali foto tersebut, shadow highlight(level), curve dan ketajamannya...

level (shadow / highlight / Midtone)

grafik level baik
levels memberikan informasi tentang shadow (daerah berbayang) midtone (daerah normal) dan highlight (daerah terang), pada sebuah obyek foto.

segitiga hitam memberikan informasi tentang shadow
segitiga abu2 memberikan informasi tentang midtone
segitiga putih memberikan informasi tentang highlight

grafik level bocor
jika grafik berada dari ujung shadow sampai highlight bersatu (full) tanpa terputus maka kita bisa mengatakan foto kita dalam keadaan baik untuk shadow dan highlightnya. berikut contoh foto yang  levelnya tidak penuh atau full.

gambar disamping dikatakan "bocor" karena ujung-ujung dari grafik tidak berada tepat di posisi titik shadow dan highlight!
solusi : tariklah titik shadow (titik yang bewarna hitam) ke ujung atau awal grafik foto tsb. lakukan hal yang sama untuk titik highlight.






Curve / kurva
curve


kurva pada photoshop berguna untuk mengatur kedalam warna pada sebuah obyek foto, kedalaman yang memberikan efek lebih sedikit berdimensi not flat..

kurva biasanya berbentuk hurus 'S'












Kita akan praktek membuat pengolahan standar pada sebuah foto...
foto berikut belum diedit,masih orisinil 

berikut adalah keterangan levelnya ctrl+L
informasi level foto
grafik level menunjukkan informasi yang baik dimana grafik dari shadow sampai highlightnya hampir terkunci dengan baik, kita hanya perlu menggerser sedikit dibagian shadow untuk mengunci bagian shadow yang masih kosong, sehingga grafik menjadi full tanpa kebocoran. setelah digeser baru tekan ok!








berikut keterangan Curve

Curve 

curve crtl+M
lakukan teknik 's' pada foto,
note : pada saat mengeser kurva, perhatikan juga perubahan yang terjadi terhadap foto kita, jika sudah sesuai dengan yang kita inginkan baru tekan ok.












tambah ketajaman pada foto kita dengan, Filter - sharpen - sharpen


hasil foto setelah pengeditan standar...
sesudah

sebelum

salam jepret... semoga bermanfaat!








1 komentar: